News

Penggunaan Tanda Kesesuaian SNI
10-10-2016

Pada tanggal 17 Februari 2016 Direktorat Standardisasi PPI mendapatkan Sertifikat Akreditasi LSPro dari KAN (Komite Akreditasi Nasional). Direktorat Standardisasi PPI dinyatakan telah memenuhi persyaratan secara konsisten terhadap SNI ISO/IEC 17065:2012. Sertifikat Akreditasi Produk tersebut mencakup untuk 2 perangkat yaitu Pesawat Telepon Analog dan Pesawat Faximile.

Gambar 1. Sertifikat Akredittasi LSPro

Gambar 2. Lapiran Sertifikat Akreditasi LSPro

Dengan diterimanya Sertifikat Akreditasi LSPro Direktorat Standardisasi PPI dari KAN maka setelah pelaku usaha menerima sertifikat perangkat untuk pesawat telepon analog dan pesawat faksimile maka pelaku usaha memiliki hak untuk :

  • Membubuhkan tanda kesesuaian SNI pada produk yang tercakup dalam sub-lisensi (pesawat telepon analog dan pesawat faksimile)
  • Mempublikasikan atau mengiklankan bahwa ia telah mendapatkan sub-lisensi untuk menggunakan tanda kesesuaian SNI bagi produk yang tercakup dalam sub-lisensi (pesawat telepon analog dan pesawat facsimile)

Ketentuan penggunaan tanda kesesuaian

  • Produsen yang telah memiliki Sertifikat Produk bagi produknya, hanya dapat menggunakan Tanda Kesesuaian untuk produk tersebut sesuai ruang lingkup yang tercantum dalam Sertifikasi dan hanya berlaku untuk lokasi pabrik Produsen yang tercantum dalam Sertifikat.
  • Pembubuhan tanda kesesuaian tergantung pada macam dan sifat produk, dan penandaannya harus dilakukan sedemikian rupa sehingga jelas dan mudah dibaca.
  • Tanda Kesesuaian harus dibubuhkan langsung pada produk, kecuali tidak dimungkinkan baik karena ukuran produk terlalu kecil atau karena sifat dari produk tersebut; dalam hal yang demikian, tanda kesesuaian harus dibubuhkan pada kemasan terkecil yang dipergunakan dalam memasarkan produk tersebut.
  • Pembubuhan tanda kesesuaian diletakkan pada tempat yang mudah terlihat dengan ukuran yang sedemikian rupa agar tanda kesesuaian dan informasi pelengkapnya dapat terbaca dengan mudah tanpa alat bantu.

Tanda Kesesuaian SNI

       Tanda SNI yang dicantumkan adalah seperti gambar berikut:


Ketentuan

a

B1

x

B2

t

r

b

c

a

a

11

a

11

a

11

7a

11

a

11

4a

11

a

11


Catatan :

Kode SNI aa-bbbb-yyyy menunjukkan nomor SNI yang diacu

Untuk pesawat telepon analog : SNI 04-7042-2004

Untuk pesawat faksimile : SNI 04-3058-1994


Kode LSPr-050-IDN menunjukkan nomor akreditasi LSPro Direktorat Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika.

Tanda SNI dapat direproduksi dalam warna apapun.

 

Perjanjian Penggunaan Tanda Kesesuaian

Penggunaan tanda kesesuaian diatur sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sebelum Sertifikat Produk diserahkan kepada Produsen Pemohon dilakukan penandatanganan Perjanjian Penggunaan Tanda Kesesuaian Standar antara Direktur Ditstand PPI dan Produsen Pemohon.

 

Penghentian Penggunaan Tanda Kesesuaian

Dalam situasi ketika Sertifikat Produk Penggunaan Tanda Kesesuaian ditangguhkan atau dicabut, maka Produsen yang bersangkutan harus segera menghentikan penggunaan tanda kesesuaian pada produk, kemasan, label dan atau dokumen yang menyertainya.